PERHATIAN : Program COACHING ini hanya untuk mereka yang ingin membangun Bisnis dan Kecerdasan Finansial untuk Kemakmuran.

Anda Pebisnis atau Profesional?

Posted by Asia Coach 12/11/2019 0 Comment(s)

Anda Pebisnis atau Profesional ?

Ada dua Asset yang sangat berharga yang patut di Sayang dan diJaga.

 

Apakah Itu ?

1. Team yang Baik dan Hebat.

Bisnis adalah olah raga membangun Team. Karena membangun sebuah team bukan pekerjaan semalam. Perlu melewati tahapan yang disebut dengan Forming, Storming, Developing, Norming, hingga berbuah manis pada saat mereka Performing.

Ada tiga hal juga yang perlu dilakukan pada saat melewati semua tahapan tersebut, yaitu 3C. C yang pertama berkaitan dengan Capacity. Seberapa besar kekuatan team yang perlu dibangun semestinya berbanding lebih besar dengan seberapa Customer yang akan di handle. C yang kedua adalah Competency. Kompetensi apa sajakah yang perlu di hebatkan agar bisa Stand Out di market. Dan C yang ketiga adalah Culture. Budaya apa yang perlu dibangun dan dimiliki agar keseluruhan sumberdaya dalam team bisa terekspose dan terwadahi, hingga Kinerja dan Soliditas selalu terjaga.

Bayangkan bila itu semua terjadi, maka dengan memiliki Team yang Baik dan Hebat, seorang Pebisnis bisa mendapatkan Time Freedom. Perlu diulang sekali lagi, bahwa Team yang Baik dan Hebat, maka Pebisnis bisa mendapatkan Time Freedom. Asyiiiik…hehe

2. Customer yang Baik dan Loyal.

Perlu di ingat bahwa tidak semua pembeli produk atau jasa kita adalah Customer, mereka mungkin hanyalah Buyer. Customer adalah seseorang atau organisasi yang sudah membeli produk atau jasa kita berkali-kali, atau setidaknya memberikan Referensi. Bisnis yang baik dan bertumbuh, akan hidup dengan Customer, bukan hanya Buyer.

Lalu, Ada pertanyaan yang sangat mendasar tentang hal ini. Apakah Pebisnis perlu memilih Customernya, atau Customer lah yang memilih Pebisnis dengan produk / jasanya? Tentu saja pilihan pertama menjadi lebih baik, karena bisa menentukan Segment Customer mana yang ingin di layani dan di puaskan, sehingga kita bisa menentukan berdasarkan Demography, Psychography, dan Behaviour. Pendekatan yang sangat sederhana selanjutnya bisa kita gunakan adalah, menemukan Pain yang sangat dihindari oleh Customer, sekaligus memberikan Pain Reliever nya. Berikutnya adalah menentukan Gain yang sangat diinginkan Customer, sekaligus dengan Value Creation nya. Kombinasi kesemuanya, semoga, akan melahirkan Customer yang Baik dan Loyal, sehingg Pebisnis bisa mendapatkan Financial Freedom. Perlu diulang sekali lagi, bahwa memiliki Customer yang Baik dan Loyal akan membuat Pebisnis mendapatkan Financial Freedom. Aamiin

 

Anda Pebisnis yang ingin memiliki Time dan Financial Freedom ?

Ada dua Asset yang sangat berharga yang patut di Sayang dan diJaga. Yang pertama adalahTeam yang Baik dan Hebat, yang kedua adalah Customer yang Baik dan Loyal.

So, Jagalah dan Sayangilah mereka :)

Leave a Comment